-->



10 Mei 2012

Home » INFORMASI PMB KEDINASAN

INFORMASI PMB KEDINASAN

PMB PERGURUAN TINGGI KEDINASAN 2011/2012

22 03 2011 Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan hanya dua atau tiga bulan lagi, Tahun Akademik 2011/2012 akan segera dimulai.Insya Allah, saya sebagai calon abdi negara memberikan sedikit informasi mengenai Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Kedinasan Tahun Akademik 2011/2012 yang ada di Indonesia baik itu yang berada di naungan Kementerian atau non-Kementerian.

Terdapat 13 PTK (singkatan dari ‘Perguruan Tinggi Kedinasan’) yang familiar di telinga masyarakat, yaitu :


ingin lebih jelas klik nama perguruan tinggi tersebut :
  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi
  3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug-Tangerang
  4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor
  5. Sekolah Tinggi Sandi Negara Bogor
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
  7. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Jogjakarta
  8. Sekolah Tinggi Energi Migas
  9. Akademi Meteorologi & Geofisika
  10. Akademi Imigrasi
  11. Akademi Ilmu Permasyarakatan
  12. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
  13. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung
Dari tiga belas PTK tersebut, berikut beberapa PTK yang sampai pada hari ini (22 Maret 2011) telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa/taruna/praja baru :lol: :

SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG
SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK JAKARTA
  1. Persyaratan dan Ketentuan
    1. Seleksi
      1. Sehat jasmani dan rohani dan tidak cacat fisik (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
      2. Lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelum tahun 2011, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2011 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
      3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
      4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2011. Jika lahir sebelum tanggal 1 Oktober 1989 tidak berhak mengikuti seleksi.
      5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
      6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
      7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
      8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
      9. Bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
    2. Penerimaan
      1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
  2. Cara PendaftaranPendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dari mana pun.
  3. Lintas WilayahPeserta dapat memilih lokasi ujian di salah satu dari ibukota provinsi dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. Lokasi ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga calon peserta tidak harus mengikuti ujian di tempat tinggalnya atau di tempat SMA/MA di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA. Lokasi ujian di masing-masing provinsi ditentukan oleh Kantor BPS Provinsi setempat (untuk DKI Jakarta ditentukan oleh Kampus STIS).
  4. Jenis Ujian
    1. Ujian tahap I: Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
    2. Ujian tahap II: Psikotest dan Wawancara
    3. Tes kesehatan
  5. Jadwal Pendaftaran dan Ujian
    1. Pendaftaran: 4 April s.d. 20 Mei 2011
    2. Ujian tahap I: 28 Mei 2011
    3. Pengumuman hasil ujian tahap I: 11 Juni 2011
    4. Pendaftaran ulang untuk mengikuti ujian tahap II: 11 s.d. 15 Juni 2011
    5. Ujian tahap II: 18 Juni s.d. 22 Juni 2011
    6. Pengumuman hasil ujian tahap II: 9 Juli 2011
    7. Tes kesehatan: 11 s.d. 13 Juli 2011
    8. Pengumuman awal hasil tes kesehatan: 20 Juli 2011
    9. Pengumuman hasil tes kesehatan: 30 Juli 2011
    Untuk lebih jelasnya, lihat Jadwal Penting PMB STIS TA 2011/2012
  6. Biaya PendaftaranRp. 225.000,- (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI, setelah mengisi formulir pendaftaran online. Biaya yang telah disetor tersebut, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
    1. Prosedur PendaftaranPendaftaran online dapat dilakukan dari mana pun melalui website STIS di http://stis.ac.iddengan tata cara sebagai berikut:
      1. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran di website STIS, mulai tanggal 4 April s.d. 20 Mei 2011, yang ditutup pukul 15:00 WIB pada hari terakhir. Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon peserta mendapatkan Nomor Pendaftaran.
      2. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BRI, langsung ke loket menemui teller bank, mulai tanggal 4 April s.d. 20 Mei 2011, hari Senin s.d. Jumat kecuali hari libur pukul 08:00 s.d. 15:00 waktu setempat. Setelah membayar, calon peserta mendapatkan tanda bukti pembayaran yang berisi PIN (Personal Identification Number), yang digunakan untuk mengaktifkan pendaftarannya. Alamat kantor Bank BRI bisa dilihat di website Bank BRI di http://www.bri.co.id.
      3. Calon peserta kembali membuka website STIS dan memasukkan Nomor Pendaftaran dan PIN untuk mengaktifkan pendafarannya. Pengaktifan pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 4 April s.d. 20 Mei 2011, yang ditutup pukul 17:00 WIB pada hari terakhir. Setelah pendaftaran diaktifkan, calon peserta mendapatkan Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) dalam bentuk file PDF.
      4. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak KTPUM, untuk kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada kartu tersebut.
      Prosedur Pendaftaran PMB STIS TA 2011/2012
  7. Pengumuman Hasil UjianHasil ujian setiap tahap seleksi diumumkan sesuai dengan jadwalnya masing-masing di website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS.
  8. Website Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana
    1. Website resmi STIS adalah http://stis.ac.id. Segala informasi mengenai PMB STIS dapat diakses melalui website tersebut.
    2. Alamat Panitia Pusat PMB STIS adalah di Kampus STIS Jalan Otto Iskandardinata Nomor 64C Jakarta Timur. Tel: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Tel/Fax: (021) 85900884. Email: pmb @ stis.ac.id (tanpa spasi sebelum dan sesudah @).
    3. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di website BPS di http://www.bps.go.id.
  9. Lain-lain
    1. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB STIS akan diinformasikan melalui website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS.
    2. STIS tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun.
    3. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan STIS/BPS.