-->



21 Feb 2012

Home » SPM UNILA

SPM UNILA

 
INFO KUOTA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNILA MELALUI JALUR PMPAP NAIK MENJADI 20%

Kuota Mahasiswa Miskin Unila 2012 Naik Menjadi 20 Persen
(Unila): Rektor Universitas Lampung (Unila) Sugeng P Harianto mengungkapkan, kuota mahasiswa miskin Unila pada tahun penerimaan 2012 meningkat menjadi dua puluh persen dari total penerimaan. Sebelumnya pada penerimaan mahasiswa baru 2011 lalu, Unila hanya mengalokasikan 10 persen penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

Peningkatan tersebut menurut Sugeng dilakukan dengan cara melebur dua pintu masuk penerimaan mahasiswa baru Unila. Pertama melalui Penerimaan Bibit Unggul Daerah (PBUD) yang sebelumnya memiliki kuota sebesar 10 persen dan PMPAP yang memiliki kuota 10 persen.

"Dengan digabungnya PMPAP dan PBUD maka total mahasiswa penerimaan mahasiswa baru dari kalangan tidak mampu di Unila menjadi 20 persen. Mereka akan dibebaskan dari biaya per semester. Biaya itu akan ditanggung Unila dan pemerintah daerah terkait," kata dia, Senin (20/2).

Guru Besar Fakultas Pertanian (FP) Unila ini menguraikan, kebijakan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34 Tahun 2010 Tanggal 30 November 2010. Dalam Permendiknas dinyatakan perguruan tinggi negeri wajib memberikan beasiswa kepada keluarga miskin dan tidak mampu.

Permendiknas tersebut, lanjutnya, memertegas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembiayaan Bagi Siswa Miskin Guna Memerluas Akses Pendidikan Tinggi Kepada Masyarakat Secara Luas.

"Selain mewajibkan untuk memberi beasiswa kepada keluarga miskin, peraturan mengharuskan semua perguruan tinggi menerima mahasiswa baru secara nasional sebesar 60 persen. Sedangkan penerimaan mahasiswa secara mandiri maksimal hanya 40 persen dari total mahasiswa baru," imbuhnya.

Rektor menjelaskan sesuai dengan peraturan tersebut maka Unila mengeluarkan kebijakan untuk menerima 60 persen mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Sedangkan 40 persen mahasiswa berasal dari jalur tulis dan 20 persen dari jalur undangan.

Skenario kedua adalah penerimaan mahasiswa baru secara mandiri. Dari 40 persen penerimaan mahasiswa mandiri, sebanyak 20 persen akan diterima melalui Ujian Masuk Lokal (UML) dan 20 persen akan dilakukan melalui PMPAP. Dari kedua mekanisme inilah akan dilakukan subsidi silang.

Ditambahkannya, kuota mahasiswa miskin tidak hanya ditanggung Unila semata tapi juga pemerintah pusat. Selama dua tahun terakhir pemerintah pusat telah menggulirkan beasiswa penuh dengan nama "Bidik misi" yang diberikan kepada 300 mahasiswa tidak mampu dan diterima melalui jalur tulis maupun undangan.

"Artinya perguruan tinggi telah membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini juga didukung berbagai lembaga dan perusahaan yang secara rutin memberi beasiswa bagi para mahasiswa. Jika dikalkulasikan 40 persen mahasiswa Unila menikmati beasiswa," pungkasnya. [Mutiara]
kuota penerimaan setiap jurusan/program study dan peminat tahun 2011 kelompok IPA — di Unila.

kuota penerimaan setiap jurusan/program study tahun 2012 dan peminat tahun 2011 kelompok IPS — di KamPuNG BaRu unILa..


0 komentar: